Friday, April 29, 2011

Pertarungan di Zona Degradasi Premiership

Pertarungan di Zona Degradasi Premiership. Bagi kebanyakan tim, 40 angka adalah titik aman kepastian bertahan di top-flight musim depan. Musim ini, keamanan koleksi itu bisa dipertanyakan. Maklum, bahkan secara matematis tim yang mencapainya masih bisa dilewati tiga tim terbawah.

West Ham, juru kunci klasmen, memiliki nilai 32 poin. Dua klub diatas The Hammers, Wolverhampton dan Wigan, hanya berjarak satu dan dua angka dari Scott Parker cs.

Semisal West Brom, yang sudah mengkoleksi 40 poin, selalu kalah pada 4 partai terakhir, sementara ketiga klub yang ada di zona degradasi terus menang, The Beggies bisa turun lagi ke Championship.

Wigan dan West Ham tidak bisa selalu menang karena akan bertemu pada pekan ke-37. Namun, situasi itu tidak membuat tim-tim di atas mereka mengandaikan begitu saja keamanan.

Sedemikian ketat pertarungan menghindari degradasi musim ini sehingga Sunderland, yang berada di posisi ke-11 dan telah mengkoleksi 41 angak, masih bisa terseret ke zona maut.

Newcastle, tepat di atas The Black Cats, juga sudah mengumpulkan 41 angka. Klub Tyneside itu toh akan mengambil keuntungan dari selisih gol yang jauh lebih bagus dari pada rival sedaerah mereka, juga dari Aston Villa, yang berangka sama besar.

Selisih gol juga bisa menentukan anggota zona degradasi pada minggu penutupan. Ya, musim ini akan berakhir sebagai salah satu yang terketat. Dalam 10 tahun terakhir, tercatat dua kali liga (2007/08 dan 2006/07) berakhir dengan perolehan sama antara peringkat 17 dan 18.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive