Monday, May 9, 2011

Daftar 20 Striker Terbaik Sepanjang Masa di Liga Champion

Daftar 20 Striker Terbaik Sepanjang Masa di Liga Champion
Daftar 20 Striker Terbaik Sepanjang Masa di Liga Champion. Liga Champions kerap memunculkan pemain bintang yang menarik perhatian. Selain Lionel Messi, ada 19 striker lainnya yang bersinar sejak era Liga Champions diperkenalkan pada 1992.

Penampilan striker Barcelona Lionel Messi di Liga Champions musim ini benar-benar mencuri perhatian berbagai penikmat sepakbola. Ya, musim ini Messi menjadi pencetak gol tersubur sementara di kompetisi klub tertinggi di Benua Biru dengan torehan 11 gol.

Tapi. sesungguhnya Messi bukanlah satu-satunya pemain yang mencuri perhatian publik sehingga pantas diberi penghargaan sebagai pemain terbaik. Dalam sejarah Liga Champions UEFA yang kali pertama diperkenalkan pada tahun 1992, ada banyak sosok lain yang pernah mencuri perhatian publik.

Dilansir dari Bleachererreport.com, ada 20 striker yang dapat dikatakan sebagai striker terbaik Liga Champions. Berikut daftarnya:

1. Raul Gonzalez Blanco
Raul menjadi salah satu striker hebat dalam sejarah Spanyol. Sebelum hengkang ke Schalke 04, ia memiliki rekor 323 gol dalam 741 penampilannya kala membela El Merengeus. Sehingga layak jika ia dijuluki Pangeran Madrid. Mengenai prestasinya di kancah eropa, Raul telah mencetak 71 gol dalam penampilannya di kompetisi Liga Champions. 66 gol berasal dari 132 penampilannya bersama Real Madrid, dan 5 gol dari 12 penampilannya bersama Schalke. Prestasinya tersebut dilengkapi tiga medali juara Liga Champions berasama Real Madrid pada tahun 1998, 2000 dan 2002.

2. Ruud van Nistelrooy
Bersama PSV Eindhoven, Manchester United dan Real Madrid, Nistelroy berhasil membukukan 56 gol dalam 73 penampilannya. Sayangnya, meski produktif di Liga Champions, ia tidak pernah memenangkan Liga Champions.

3. Thierry Henry
50 gol dari 109 penampilannya di Liga Champions membuat Thierry Henry patut disematkan sebagai salah satu striker terbaik Liga Champions. Pemain asal Prancis ini mendapat medali Liga Champions pada 2009 bersama Barcelona, setelah sebelumnya menjadi finalis bersama Arsenal pada 2006.

4. Andrey Shevchenko
Pemain Ukraina berjuluk Predator ini telah melesakkan 48 gol dalam 100 penampilannya di Liga Champions bersama Chelsea, AC Milan dan Dynamo Kiev. Kala bersama AC Milan, ia berhasil merengkuh gelar juara Liga Champions di tahun 2003.

5. Filippo Inzaghi
Pemain yang kerap disapa Pippo ini merupakan legenda hidup AC Milan. Ia satu dari dua pemain yang mampu mencetak tiga kali hattrick dalam kompetisi Liga Champions. Selama berlaga di liga Champions, ia berhasil mengkoleksi 45 gol. 80 penampilannya di Liga Champions dilaluinya kala membela Parma, Juventus dan AC Milan. Bersama AC Milan, ia memenangi Liga Champions di tahun 2003 dan 2007.

6. Alessandro Del Piero
Pemain setia Juventus ini dikenal sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa I Bianconeri di Liga Champions dengan 41 gol dari 88 penampilannya. Semuanya diraih selama Del Piero berseragam Juventus. Tahun 1996, Del Piero menjadi bagian dari skuad "Nyonya Tua" kala mengangkat trofi Liga Champions usai mengalahkan Ajax.

7. Lionel Messi
Usianya masih muda, baru 23 tahun. Namun penyerang mungil asal Argentina ini telah berhasil melesakkan 36 gol dalam 56 penampilannya di kancah Eropa bersama Barcelona. Jumlah ini akan terus bertambah, karena permainan Messi yang kian gemilang. saat ini, Messi sudah memiliki dua medali Liga Champions bersama Barcelona di tahun 2006 dan 2009. Medali tersebut akan bertambah jika Barca mampu mengalahkan Manchester United di final Liga Champions musim ini.

8. Fernando Morientes
Striker Spanyol ini telah mencetak 33 gol dari 91 penampilannya di Liga Champions bersama Real Madrid, Monaco, Liverpool, Valencia dan Marseille. Karirnya lebih banyak dihabiskan bersama Real Madrid. Dan bersama Real Madrid, ia mampu memenangkan Liga Champions tiga kali, yaitu pada tahun 1998, 2000 dan 2002.

9. Didier Drogba
Penyerang asal Pantai gading ini telah mencetak 33 gol dalam 67 penampilan di Liga Champions kala membela Olympique Marseille Agen SBOBET dan Chelsea.

10. David Trezeguet
Striker plontos asal Prancis ini sepanjang karirnya telah mengkoleksi 30 gol dalam 58 penampilannya di Liga Champions. Puncak karirnya di kancah Eropa kala tim yang ia bela, Juventus melaju ke final pada tahun 2003. namun sayang Juventus takluk oleh lawannya, AC Milan, melalui adu penalti.

11. Patrick Kluivert
Kluivert merupakan bagian dari generasi emas Ajax Amsterdam ketika memenangkan Liga Champions pada tahun 1995. Kluivert mencetak 29 gol dalam 71 penampilannya bersama Ajax, Barcelona dan Newcastle United.

12. Roy Makaay
Penyerang asal Belanda ini telah melesakkan 29 gol dalam 61 penampilannya di Liga Champions. Gol-gol tersebut ia cetak kala membela Deportivo La Coruna dan klub raksasa Jerman, Bayern Munich. Meskipun tidak pernah mencapai final, ia dikenal sebagai striker yang memiliki 47,5 persen peluang mencetak gol setiap berlaga di kancah eropa.

13. Cristiano Ronaldo
Striker asal Portugal ini telah mencetak 28 gol dalam 70 penampilan di tiga klub berbeda. Sporting Lisbon, Manchester United dan Real Madrid. Ronaldo juga pernah merasakan mengangkat tropi Liga Champions di tahun 2008 bersama Manchester United.

14. Rivaldo
Pemain Brasil yang memiliki tendangan kidal maut ini telah mencetak 27 gol dalam 73 penampilan di Liga Champions. Sebagian Agen IBCBET besar golnya dicetak kala dirinya membela Barcelona dengan torehan  20 gol dari 54 penampilan.

15. Samuel Eto'o
Di usia 30, Samuel Eto'o telah berhasil menjadi pemain Afrika yang paling sukses dalam sejarah. Ia memegang banyak rekor juara La Liga. Keberhasilannya di liga domestik juga ditransfer ke sukses di panggung Eropa. Dia memiliki 27 gol dalam 69 penampilan karir bersama Real Madrid, Real Mallorca, Barcelona dan Inter Milan.

16. Mario Jardel
Penyerang Brasil lain yang prestasinya cukup mengkilat di Liga Champions adalah Mario Jardel. Jardel lebih sering membela klub di liga kurang terkenal seperti FC Porto, Galatasaray dan Sporting Lisbon. Tapi 25 gol yang berhasil ia cetak menempatkan dirinya sebagai 20 striker terbaik Liga Champions.

17. Hernan Crespo
Penyerang asal Argentina ini dikenal sebagai salah satu bomber paling produktif dalam sepakbola. Selama karirnya di dunia sepakbola, ia telah mencetak 300 gol. Prestasinya di tingkat Eropa pun cukup menakjubkan. Crespo telah mencetak 25 gol dari 64 penampilannya di Liga Champions. Gol-gol tersebut ia cetak saat membela 5 klub berbeda: Parma, Lazio, Inter Milan, Chelsea dan AC Milan.

18. Giovani Elber
Penyerang asal Brasil ini merupakan salah satu bomber tersubur yang pernah dimiliki Bayern Munich. Total 133 gol yang ia cetak dalam 260 pertandingan yang ia lakoni kala membela Bayern Munich. Sedangkan untuk Liga Champions, Elber telah mengkoleksi 24 gol. Puncak prestasi Elber adalah kala membawa Die Roten menjuarai Liga Champions di tahun 2001 dengan menumbangkan Valencia melalui adu penalti, 5-4.

19. Jari Litmanen
Litmanen merupakan bagian penting dari tim Ajax kala merengkuh gelar Liga Champions di tahun 1995. Di tahun tersebut, Litmanen mencetak 6 gol. Meski menghabiskan sebagian besar karirnya di Ajax Amsterdam, Litmanen juga pernah merasakan bermain di Barcelona dan liverpool. Total gol yang ia lesakkan dalam keikutseertaannya di Liga Champions berjumlah 23 ggol.

20. Zlatan Ibrahimovic
Penyerang asal Swedia ini telah mengoleksi 23 gol di ajang Liga Champions. Sepanjang karirnya, Ibra bermain untuk lima klub juara Liga Champions. Kelima klub tersebut adalah: Ajax Amsterdam, Juventus, Internazional Milan, Barcelona, AC Milan. Namun sayangnya, ia tidak pernah sekalipun mengangkat trofi Liga Champions.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive