Saturday, May 28, 2011

[FOTO] Barcelona Juara Liga Champion 2010/2011

Berita Bola: [FOTO] Barcelona Juara Liga Champion 2010/2011. Barcelona meraih gelar juara Liga Champions ke empat dalam sejarah setelah mengalahkan Manchester United 3-1 (baca: Hasil dan Video Pertandingan Barcelona vs Manchester United) pada final di Wembley, Minggu (29/5) dini hari WIB. Ketiga gol kemenangan Barcelona dicetak oleh trio penyerang mereka Messi, Villa, dan Pedro (MVP).

Kemenangan ini merupakan ulangan final Liga Champions 2008/09 lalu menghadapi lawan yang sama, saat mereka mengalahkan United 2-0 di Olimpico, Roma, melengkapi tiga gelar Barca sebelumnya di edisi 1991/92, 2005/06, dan 2008/09

Sukses Barca disempurnakan oleh Lionel Messi. Tak hanya mencetak gol pertama di Inggris sekaligus gol kedua Barca ke gawang United, Messi juga menyamai rekor Ruud van Nistelrooy musim 2002/03 sebagai top skor Liga Champions dengan mencetak 12 gol dalam semusim.

Sementara itu Eric Abidal berkesempatan mengangkat trofi Liga Champions sebagai penghargaan pada perjuangan bek asal Prancis itu 72 hari setelah menyelamatkan hidupnya melalui operasi tumor liver.

Kemenangan di Wembley juga menjadi momen spesial kedua untuk pelatih Barca, Pep Guardiola. Bukan hanya membawa timnya meraih gelar Champions kedua, tapi juga mengulang prestasi saat masih aktif bermain saat menjuarai Liga Champions 1992 di Wembley, ketika Barca ditangani oleh pelatih legendaris asal Belanda, Johan Cruyff.

Kemenangan Barca atas United juga menjadi "kemenangan" sepak bola Spanyol di kompetisi tertinggi antar klub Eropa. Total, klub-klub Spanyol telah 13 kali menjuarai Liga Champions (termasuk dulu saat masih bernama Piala Champions), melampaui rekor 12 juara milik tim-tim Italia.

Selain itu, kemenangan ini juga memutus siklus juara Liga Champions selama enam musim. Sebelumnya, trek juara Liga Champions selama enam musim terakhir secara berurutan adalah Inggris (Liverpool, 2005), Spanyol (Barcelona, 2006), Italia (AC Milan, 2007), Inggris (Man United, 2008), Spanyol (Barcelona, 2009), Italia (Inter Milan, 2010).

Jika menilik dari siklus tersebut, sejatinya juara musim ini jatuh kepada klub asal Inggris. Namun hal itu ternyata tak terbukti. Barcelona tampil dominan dengan mematahkan tradisi tersebut.

Kemenangan atas Man United juga menjadi koleksi gelar Liga Champions keempat bagi El Barca. Sekaligus membuat Spanyol berhasil melampaui rekor gelar milik Italia menajdi 13 gelar. Peringkat kedua masih ditempati Italia dengan koleksi 12 gelar, dan Inggris 11 gelar.

Berikut foto selebrasi kemenangan Barcelona di Stadion Wembley
























No comments:

Post a Comment

Blog Archive