Tuesday, May 3, 2011

Hasil Pertandingan Persipura Jayapura vs Shouth China (Piala AFC 2011)

Hasil Persipura Jayapura vs Shouth China. Persipura sukses memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala AFC 2011 berkat kemenangan telak 4-2 atas tamunya dari Hongkong, Shouth China. Dua dari seluruh gol kemenangan itu dikemas oleh Boaz Solossa.

Bertanding di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa, 3 Mei 2011, Persipura mampu mengimbangi permainan lini tengah South China yang dimotori mantan pemain Manchester United Nicky Butt.

Tim Mutiara Hitam berusaha mengoptimalkan lebar lapangan dengan mengandalkan umpan-umpan tarik. Namun, usaha itu selalu gagal diselesaikan dengan baik oleh pemain Persipura.

Peluang emas pertama didapat South China melalui striker Mateja Kezman pada menit ke-21. Sayang, tendangan lob mantan pemain Chelsea dan Atletico Madrid tersebut masih menyamping meski kiper Yoo Jae Hoon sudah mati langkah.

Persipura meresponnya dua menit kemudian. Lewat kerjasama yang apik dengan Boaz Solossa, Zah Rahan Kranggar berhasil melepaskan sontekan dari sudut sempit melewati kiper South China Yapp Hung Fai. Persipura unggul 1-0.

Gol yang dicetak Zah Rahan membangkitkan semangat Persipura. Menit ke-26, Boaz hampir menggandakan keunggulan tuan rumah. Setelah melewati beberapa pemain belakang South China, Boaz melepaskan tendangan yang sayangnya masih bisa diblok Hung Fai.

Menit 28, tim tamu nyaris menyamakan kedudukan setelah tendangan Kezman usai menerima umpan Nicky Butt masih mengenai tiang gawang.

Terus menekan pertahanan South China, gawang Persipura justru kebobolan menit ke-36. Kesalahan pemain belakang Persipura membuat Leung Chun Pong berhasil mencuri bola. Xu Deshuai yang datang dari kedua berhasil mencetak gol memanfaatkan bola liar lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Kebobolan tidak membuat kepercayaan diri Persipura turun. Tim besutan Jacksen F Tiago tersebut berhasil memimpin menit ke-44. Berawal dari kerjasama Zah Rahan dengan Boaz, bola kemudian ditendang oleh Titus Bonai.

Kiper Hung Fai dengan gemilang berhasil memblok tendangan Titus, namun lemahnya pertahanan South China membuat Boaz berhasil memanfaatkan bola rebound untuk membawa Persipura memimpin 2-1.

Di babak kedua, baik Persipura mau pun South China saling mengancam. Tim asuhan Jacksen F Tiago menambah skor di menit ke-60 melalui penalti Boaz Solossa. Tendangan 12 pas diberikan usai salah satu pemain South China handsball di kotak terlarang.

Setelahnya South China menciptakan sejumlah peluang melalui Mateja Kezman dan Xu Deshuai. Namun upaya tim besutan Ho Yin Chan itu masih bisa dikandaskan kiper Persipura Yoo Jae Hon.

Persipura kembali menambah skor di menit ke-77. Kali ini giliran Gerald Pangkali yang mencatatkan namanya di papan skor. Dari sebelah kanan kotak penalti lawan, Pangkali melepas bola lambung yang bersarang di gawang wakil Hong Kong tersebut.

Lima menit menuju bubaran, gawang Persipura jebol melalui tandukan Ng Wai Chiu memanfaatkan sepak pojok Li Haiqiang. Hingga pertandingan selesai, kedudujan 4-2 untuk kemenangan Persipura tetap bertahan.

Kemenangan ini membuat Persipura naik ke puncak klasemen sementara grup H dengan poin 10 dari lima pertandingan. Di belakang Persipura adalah Chonburi (poin tujuh dari empat kali bertanding) yang baru malam nanti bertanding melawan East Bengal (poin dua dari empat kali bertanding). Sedangkan South China ada di urutan ketiga dengan poin lima dari lima pertandingan.

Susunan Pemain Persipura Jayapura vs Shouth China:

Persipura: Yoo Jae Hoon; Ian Kabes, Bio Pauline, Victor Igbonefo, Yohanis Tjoe (Steven Hendambo, 46'); Stevie Bonsapia, Yuntinus Pae (David Christian Uron,73'), Gerald Pangkali, Zah Rahan; Titus Bonai (Lukas Mandowen, 75'), Boaz Solossa. 

 
South China: Yapp Hung Fai; Wong Chin Hung, Chan Wai Ho, Man Pei Tak, Bai He (Ng Wai Chiu, 46'); Leung Chun Pong, Kwok Kin Pong, Xu Deshuai, Au Yeung Yiu Chung, Nicky Butt (Cheng Lai Hin, 64'); Mateja Kezman.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive