Monday, May 2, 2011

Lionel Messi vs CR7: Bukan Sekedar Duel Individu

Lionel Messi vs CR7: Bukan Sekedar Duel Individu. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali menyita porsi perhatian teramat besar di el clasico pada leg II semifinal Liga Champion, Rabu (4/5). Posisi keduanya di puncak sepak bola dunia membuat orang berlomba memilih salah satu dari mereka sebagai yang terbaik.

Pelatih sekaliber Sir Alex Ferguson turut bersuara. "Keduanya adalah pemain hebat, tapi saya lebih memilih Ronaldo karena mengenal betul kualitasnya. Dia sangat fantastis, cepat dan kuat di udara," ujarnya di Sporting Alert.

Lain lagi pendapat Xavi, rekan Messi di Barcelona. "Jika kita memilih siapa pesepakbola terbaik di dunia, orang itu adalah Messi. Saat ini, tidak ada yang bisa mendekati kualitasnya," kata gelandang timnas Spanyol itu.

Simak juga ucapan Gerard Pique, bek Barca yang pernah setim dengan Ronaldo di Manchester United pada 2004-08. "Perdebatan mengenai siapa yang lebih baik antara Messi dan Ronaldo sungguh absurb. Kadang sulit dipercaya bahwa perdebatan itu bahkan bisa muncul," ucarnya.

Silahkan punya pendapat sendiri, tapi perkataan Pique benar adanya. Membandingkan satu pemain dengan pemain lainnya sangatlah sulit, jika tak bisa dibilang mustahil.

Dalam hal Messi dan Ronaldo, keduanya memiliki gaya yang berbeda. Messi sulit dijaga karena pergerakannya banyak melibatkan rekan setim. Membuka ruang dan melakukan operan one-two adalah aksi favorite bintang Argentina ini.

Ronaldo lebih cenderung merupakan petarung tunggal. Pemain berjulukan CR7 ini lebih mengandalkan kecepatan dan manuver individu dalam mengoyak pergerakan lawan.

Ronaldo sendiri mengakui hal itu. "Semua orang membicarakan soal saya dan Messi. Tapi, ini bukanlah duel individu," katanya di DailyMail awal April tahun lalu.

"Messi tidak bermain sendirian, rekan setim dan pelatih punya pengaruh. Messi hebat, tapi dia juga berada di tim yang komplet. Ketika saya menjadi yang terbaik bersama MU dulu, saya juga tidak bermain sendirian. Yang jelas, saya lebih besar darinya, setidaknya dari ukuran tubuh," tambah Ronaldo.

Jika demikian, sepertinya penikmat sepakbola kudu setuju. Lebih bijak menikmati aksi jenius keduanya. Ingat, Messi masih berusia 23 tahun, sementara Ronaldo hanya lebih tua tiga tahun. Inilah yang menakutkan dari Messi dan Ronaldo, mereka masih punya banyak waktu untuk menjadi lebih baik dari sekarang.







  STATISTIK            LIONEL MESSI               CRISTIANO RONALDO
MAIN 11 11
MENIT 867 931
GOL 11 6
ASSIST 3 2
SHOT ON TARGET 28 24
SHOT OFF TARGET 14 29
OFFSIDE 10 2

No comments:

Post a Comment

Blog Archive