Tuesday, May 10, 2011

Mantan Pemain dan Pelatih Sepakbola Yang Sukses di Industri Film

Mantan Pemain dan Pelatih Sepakbola Yang Sukses di Industri Film. Pesepakbola jika sudah habis masa jayanya akan memutuskan pensiun. Namun ketika sudah pensiun, mereka akan tetap melanjutkan karir mereka di dunia yang tak jauh dari sepakbola.

Ya, tak sedikit yang berusaha mencari peruntungan di bisnis lain, mulai dari properti hingga perdagangan. Tapi adakah yang mencoba masuk ke industri film?

Ronaldo menjadi salah satu pemain yang berusaha masuk ke dunia ini. Dia akan ambil bagian dalam sebuah peran kecil di film buatan Marcio Garcia berjudul Open Road.

Di film ini, mantan pemain Milan, Inter, PSG, Barcelona dan Real Madrid itu akan beradu peran dengan Juliette Lewis dan Andy Garcia, artis papan atas Hollywood.

Tapi sejatinya Ronaldo bukan orang pertama yang melakukannya. Di bawah ini ada setidaknya sepuluh mantan pemain yang sudah lebih dulu menunjukkan kemampuan mereka berakting di depan kamera.

George Allison (Mantan Pelatih Arsenal)

Allison sempat dipercaya menangani Arsenal saat manajer legendaris Herbert Chapman meninggal dunia. Dia berhasil membawa Arsenal memenangi banyak trofi juara di kompetisi Inggris, mulai dari Liga Inggris, Piala FA hingga Piala Liga.

Yang membuatnya semakin terkenal adalah ketika dia muncul dalam film yang dibuat di Highbury, The Arsenal Stadium Mystery di tahun 1939. Dia menjadi dirinya sendiri di film ini dan mendapatkan satu dialog, yaitu "It's one-nil to the Arsenal. That's the way we like it." Dialog tersebut masih dikenang sampai saat ini.

George Best (Mantan pemain Manchester United)
Tak ada fans United yang tidak mengenalnya. Namun mungkin hanya sedikit yang tahu jika Best pernah bermain di film komedi Percy di tahun 1971.

Film ini bercerita mengenai seorang pria yang kelaminnya harus diamputasi karena tertimpa oleh seorang laki-laki lain yang terjatuh dari sebuah gedung sembari membawa tempat lilin. Film lain yang juga dibintangi Best adalah The Alf Garnett Saga di tahun 1972.

Paul Breitner (Mantan pemain belakang Bayern Muenchen dan Real Madrid)
Film yang dibintangi pemain ini adalah Potato Fritz. Bercerita tentang sekelompok orang Jerman yang meninggalkan kampung halamannya untuk pergi ke daerah Barat yang Liar dan berhadapan dengan pencuri emas. Breitner sendiri berperan sebagai Sersan Stark di film tersebut.

Film lain yang juga memunculkan Breitner adalh komedi Kunyonga - Mord in Afrika di tahun 1986.

Pele & Bobby Moore (Pemain legendaris Brasil dan Inggris)
Escape to Victory adalah film yang legendaris. Selain dua pemain legendaris itu, film ini dibintangi oleh Sylvester Stallone dan Michael Caine.

Bagi Moore, film tersebut menjadi satu-satunya film yang pernah dibintanginya. Tapi tidak bagi Pele. Dia pernah bermain di film tahun 1987 Hotshot dan tahun 2001, Mike Bassett: England Manager.

Vinnie Jones (Mantan pemain Chelsea, Leeds United dan Wimbledon)
Karirnya sebagai pemain tidak begitu bersinar. Tapi saat beraksi di layar kaca, kemampuannya patut diacungi jempol.

Filmography Vinnie Jones bahkan bisa terbilang luar biasa. Debutnya di tahun 1998 dengan membintangi film buatan Guy Ritchie, Lock, Stock and Two Smoking Barrels dan juha Snatch. Di tahun 2000, dia beradu peran dengan Nicolas Cage di Gone in 60 Seconds sebagai the Sphinx.

Di tahun 2006, X-Men: The Last Stand, menjadi film yang diikutinya sebagai mutan bernama Juggernaut. Vinnie juga terlibat dalam pembuatan album musik dan sejumlah serial televisi, juga acara reality show Celebrity Big Brother 2010. Vinnie pun sempat menjadi bintang iklan.

Eric Cantona (King Eric, bintangnya Manchester United)
 
Karir sepakbolanya terbilang luar biasa dan puncaknya adalah saat membela Manchester United. Di klub ini, beragam prestasi juga kontroversi dibuatnya.

Setelah pensiun, Cantona menjajal banyak bidang, termasuk film. Dia pun terlibat dalam film tahun 1998 Elizabeth dan beradu peran dengan Cate Blanchett. Di tahun 2009, ada film dengan nama dan dirinya berjudul Looking for Eric.

Bahkan di tahun 2010, Eric Cantona berusaha mendalami seni peran dengan ambil bagian dalam teater panggung Face au paradis, lakon yang disutradari oleh istrinya, Rachina Brakni.

John Harkes (Sempat membela Derby County, West Ham United dan Nottingham Forest)

Karir film mantan pemain asal Amerika Serikat itu saat beradu watak dengan Gerard Butler di The Game of Their Lives di tahun 2005. Harkes di film ini harus bersusah payah belajar mengubah aksennya menjadi aksen Skotlandia.

Stan Collymore (Striker Aston Villa dan Liverpool)

Bermain di film sensual Basic Instinct 2 di tahun 2006, Stan Collymore beradu peran dengan Sharon Stone. Namun aktingnya mendapat kritik tajam oleh banyak media (Agen Bola Terbaik).

John Barnes (Pemain legendaris Liverpool)

Dua kali terlibat dalam pembuatan film. Yang pertama di tahun 2002, di mana dia menjadi salah satu pemeran figuran di Ben It Like Beckham.

Film keduanya adalah The Shouting Men di tahun 2010. Penampilan Barnes di film ini dipuji oleh media Inggris.  

No comments:

Post a Comment

Blog Archive