Thursday, May 5, 2011

Mourinho Kembali Diragukan Efek Kegagalan di La Liga dan Liga Champion

Mourinho Kembali Diragukan Efek Kegagalan di La Liga dan Liga Champion. Presiden Real Madrid, Florentino Perez, bukanlah tipe pemimpin dengan kesabaran tinggi. Belum genap delapan tahun era kepresidenannya, sejarah membuktikan sudah tujuh pelatih bergantian menginjakkan kaki di Ssantiago Bernabeu hingga akhirnya Jose Mourinho direkrut awal musim ini.

Dari tujuh entrenador tersebut, hanya Vicente del Bosque yang bertahan lebih dari semusim. Bahkan pelatih level timnas semacam Jose Antonio Camacho (Spanyol) dan Vaderley Luxemburgo (Brasil) tak dibiarkan berlama-laa di kursi panas.

Sulit merebut hati el presidente yang juga pengusaha ini. Tak boleh ada pelatih yang mendapat respek lebih besar dari pada pemain dibandingkan dirinya atau lebih populer di mata suporter. Pun haram hukumnya bila  si pelatih melontarkan kritik seputar kebijakan Perez.

Bukan cuma itu, tuntutan meraih prestasi tertinggi di Eropa juga luar biasa besar. Gagal meraih trofi sama artinya dengan membuka pintu keluar. Vonis pahit itulah yang pernah dirasakan tujuh pendahulu Mourinho, termasuk Carlos Queiroz yang mendatangkan gelar Piala Super Spanyol 2003.

Wajar bila publik kini bertanya-tanya soal kepastian nasib Mou di Madrid. Apakah pelatih Portugal yang menjuluki dirinya the special one ini bakal bertahan musim depan? Cukupkah trofi Copa Del Rey musim ini menjamin masa depannya? (Agen IBCBET, Agen SBOBET, Agen 338a )

Mou sendiri memang sudah bertekad memperpanjang masa baktinya. "Jika tidak dipecat, saya akan tinggal di sini. Ketika menandatangani kontrak 4 tahun, saya melakukannya dengan niat menghormati perjanjian itu," ujar Mou.

Tapi, tidak demikian menurut Ramon Calderon. Eks Presiden Madrid (2 Juli 2006 - 16 Januari 2009) ini menilai kontrak Mou belum tentu diperpanjang. Terlebih setelah kegagalan di semifinal Liga Champion dan kemungkinan besar lepasnya titel La Liga ke tangan Barcelona.

"Klub menginvestasikan sekitar 450 juta euro dalam dua musim terakhir untuk membangun tim. Sulit bertahan karena orang-orang di sini sangat menuntut. Tekanan juga besar. Dia bilang akan tetap di klub musim depan, tapi tidak seorang pun tahu pasti soal hal itu," kata Calderon.

Keraguan Calderon tidak bertiup sendirian. Marca bahkan berani melansir spekulasi bahwa posisi Mou bakal digantikan oleh Marcelo Bielsa pada akhir musim.

Bielsa, pelatih yang membawa timnas Cili tampil memikat di Piala Dunia 2010, dinilai cukup piawai menukangi tim penuh bintang sekelas Los Blancos. Apalagi ia adalah sahabat dekat Jorge Valdano, Manajer Umum Madrid yang kerap  bersebrangan dengan Mourinho.





Nama Masa Jabatan Gelar

Vicente del Bosque Nov 1999-23 Juni 2003 LC(2), PSS (2),PSE (1), PI (1)
Carlos Quieroz 25 Juni 2003-31 Mei 2004 Copa del Rey (1)
Jose A.Camacho 1 Jun 2004-1 Juli 2004 -
Mariano Garcia Remon 1 Juli 2004-30 Des 2004 -
Vanderlei Luxemburgo 30 Des 2004-3 Des 2005 -
Juan Ramon Lopez Caro 3 Des 2005-5 Juli 2006 -
Manuel Pellegrini 1 Juli 2009-26 Mei 2010 -
Jose Mourinho 26 Mei 2010- sekarang Copa Del Rey (1)

No comments:

Post a Comment

Blog Archive