Thursday, May 26, 2011

Stadion New Wembley: Stadion Kebanggan Bangsa Inggris

Stadion New Wembley: Stadion Kebanggan Bangsa Inggris. Kesan megah dan mewah langsung terasa begitu melihat Stadion Wembley saat ini. Sebuah stadion modern dengan fasilitas kelas satu siap menyambut para pengunjungnya. Mereka yang datang ke Wembley seolah bukan mengunjungi sebuah stadion, melainkan sebuah mal yang di dalamnya ada lapangan sepak bola.

Tidak cuma kenyamanan yang disediakan Wembley, masalah keamanan dan keselamatan para penonton pun menjadi prioritas. Tidak kurang dari 17 pos kesehatan tersebar di seluruh area stadion. Jumlah pintu yang tersedia sangat memadai. Jalur itu bisa mengeluarkan 90 ribu penonton dalam waktu belasan menit saja andaikan ada insiden yang bisa membahayakan penonton. 

Meski telah Agen Bola Terbaik kehilangan ciri khas menara kembarnya saat direnovasi, Wembley masih mempertahankan keunikannya. Kalau umumnya stadion akan berorientasi utara-selatan, Wembley tetap berorientasi barat-timur. Sebuah keunikan yang hanya dimiliki segelintir stadion saja di dunia. Membuat New Wembley masih menyimpan kesakralan bagi siapapun yang bermain di sana.

Berikut fasilitas mewah yang disediakan di Stadion New Wembley:
1. Atap Gesar





Atap sebuah stadion modern tidak melulu hanya untuk menutup area penonton saja. Namun, khususnya di negara-negara subtropis, keberadaan atap sebuah stadion juga berpengaruh terhadap kualitas rumput. Untuk itulah, New Wembley pun mengadopsi teknologi atap geser.

Atap geser ini bisa membantu rumput lapangan mendapat sinar matahari. Tidak hanya bagian tertentu saja. tapi seluruh area lapangan mendapatkan sinar matahari yang sama dengan bantuan atap geser ini.

2. Rumput Kualitas Super (Kombinasi Natural dan Artifisial)


Sempat dikritik karena kualitas rumput di Stadion Wembley yang buruk. Kini, dapat dipastikan rumput yang tertanam bisa membuat permainan dua tim yang bertanding menjadi lebih menarik. Pasalnya, lapangan Wembley menggunakan kombinasi rumput natural dan rumput artifisial.

Rumput artifisial sengaja dipasang untuk memperkuat rumput natural yang sudah ada. Pemasangan rumput lapangan ini dikerjakan oleh perusahaan yang sudah diakui FIFA, Desso Sports Systems. Untuk menjaga kualitas pertumbuhan rumput natural, sejumlah mesin penyinar ultra violet pun ditambahkan untuk waktu-waktu tertentu.

3. The Royal Box


Ini salah satu ciri khas yang masih dipertahankan. Royal Box secara tradisional menjadi tempat yang sakral. Sebab, di tempat inilah seluruh tim yang mengangkat trofi saat menjadi juara. Posisi Royal Box tetap sama yakni berada tepat di tengah-tengah tribun utara sama persis seperti sebelum direnovasi.

4. Ruang Ganti Pemain


Perubahan cukup besar dilakukan terhadap ruang ganti pemain. Setelah direnovasi, kamar ganti pemain menjadi lebih luas. Dilengkapi dengan loker dan lemari gantung untuk setiap pemain. Ruang fisioterapis yang dulu menyatu dengan kamar ganti pemain kini dipisah. Kamar ganti ini juga dilengkapi dengan shower, 3 buah bathtub, dan sejumlah hair dryer.

Satu hal yang masih dijaga adalah selasar antar kamar ganti menuju lapangan. Para pemain yang bersiap menuju lapangan masih bisa mendengar teriakan Agen Bola dan gemuruh suara puluhan ribu penonton yang ada di atas mereka. Nuansa inilah yang coba dipertahankan meski Wembley telah banyak berubah.

5. The Stadium Store

Berlokasi di level B1 dekat dengan loket timur, Stadium Store menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi. Toko disini menjual pernak-pernik berbau timnas Inggris dan suvenir Wembley. Buka setiap hari dari pukul 10.00-17-00. Khusus Minggu, buka mulai pukul 11.00-17.00. Tersedia kaus replika timnas Inggris, berbagai aksesoris dan suvenir yang laik dijadikan oleh-oleh.

6. Data dan Fakta The New Wembley

a. Umum:
  • Lingkar Stadion: 1 km
  • Lapangan New Wembley lebih rendah 4 m dari stadion sebelumnya
  • Terdapat dua layar raksasa
  • Panjang total eskalator 400 m
  • Tersedia 2.618 toilet di seluruh area stadion
  • Para penonton bisa menggunakan 30 eskalator dan 26 lift untuk mencapai area tempat duduk mereka
b. Makanan dan Minuman:
  • Memiliki 34 bar, delapan restoran, 98 dapur dengan daya tampung 10.500 tempat duduk di restoran, dan 688 macam makanan dan minuman
  • Rata-rata, pengelola bar bisa menyediakan 40 ribu minuman dalam kurun waktu 15 menit
c. Wembley Arch:
  • Wembley Arch berada 11 m dari permukaan stadion
  • Wembley Arch terbentang sepanjang 315 m. Angka itu membuat Wembley Arch sebagai konstruksi terpanjang di dunia yang menempel di atap stadion
  • Diameter Wembley Arch sebesar 7,4 m. Diameter tersebut cukup untuk memasukkan sebuah kereta bawah tanah.
  • Atap stadion terdiri dari 4 bagian. Total luasnya Agen Judi Bola adalah 11 hektare. Keempat atap stadion tersebut bisa ditarik dan menutup stadion.
 d. Kursi:
  • Total kursi yang tersedia sebanyak 90 ribu tempat duduk
  • Terdapat 310 tempat duduk yang diperuntukkan bagi penyandang cacat
  • Terdapat 400 tempat duduk untuk wartawan
  • Kursi tersebar di tiga tingkatan, bawah: 34.303 kursi, tengah: 16.532 kursi, atas: 39.165 kursi.
Ada banyak cara untuk menuju Stadion Wembley. Dari mulai kendaraan pribadi, angkutan umum semuanya punya akses yang sama bagus. Namun, khusus saat ada pertandingan, para calon penonton disarankan menggunakan MRT dab berjalan kaki dari tiga stasiun terdekat. Hal ini untuk menghindarkan mereka ikut terjebak kemacetan yang umumnya terjadi saat ada event.

Berikut angkutan atau kendaraan yang mempunyai akses menuju ke Stadion Wembley:

1. MRT

Berikut tiga stasiun MRT yang terdekat dengan Stadion Wembley:
  • Wembley Park Station (Jubilee and Metropolitan Lines)
  • Wembley Stadium Station (Chiltern Railways)
  • Wembley Sentral Station (Bakerloo and London Overground Lines).
2. Kendaraan Pribadi

Area parkir Stadion Wemley sebenarnya sangat luas. Tapi tetap punya batas. Bagi mereka yang ingin menggunakan mobil disarankan untuk memesan tempat parkir lebih dulu. Bisa dipesan melalui CSP Parking.

3. Bus Umum

Ada 4 jalur bus yang bisa digunakan untuk menuju Wembley. Antara lain 18, 83, 92, dan 224. Informasi lebih lengkap mengenai jadwal keberangkatan bisa mengunjungi http://www.tfl.gov.uk/buses.

4. Sepeda

Stadion Wembley termasuk stadion yang akrab dengan pengendara sepeda. Disediakan sebuah area yang luas bagi mereka yang membawa sepeda di Level B2, di wilayah timur luar stadion.


No comments:

Post a Comment

Blog Archive