Friday, June 10, 2011

Berita Bola: Kapan Liga Primer Indonesia Putaran Kedua Akan Bergulir?

Berita Bola: Kapan Liga Primer Indonesia Putaran Kedua Akan Bergulir? Pihak penyelenggara kompetisi menetapkan bahwa putaran kedua akan dilangsungkan mulai 17 September.

Demikian keterangan LPI, Jumat (10/6/2011) petang. Dari seharusnya Sabtu (11/6) besok, setelah putaran pertama selesai pada 28 Mei, putaran kedua dimundurkan sampai pertengahan September.

Dalam penjelasannya, ada tiga pertimbangan mendasar yang membuat jadwal LPI mundur. Pertama, terkait instruksi FIFA kepada PSSI melalui Komite Normalisasi untuk merangkul LPI, setelah sempat dinyatakan ilegal oleh PSSI di era Nurdin Halid. Korespondensi antara LPI dan KN telah terjalin.

Kedua, imbauan FIFA agar PSSI mengakui LPI secara resmi, sudah dilakukan Komite Normalisasi pada 11 April lalu. Namun, keputusan itu masih perlu ditindaklanjuti oleh pengurus baru PSSI yang menunggu hasil Kongres PSSI.

Pertimbangan ketiga, memenuhi harapan pemerintah agar klub-klub profesional tidak lagi menggunakan dana APBD mulai tahun 2012. Hal inini terkait dengan keluarnya Permendagri Nomor 22 Tahun 2011 yang melarang dana APBD disalurkan untuk klub sepakbola profesional.





Peraturan yang diterbitkan pada 23 Mei 2011 itu berlaku efektif mulai 1 Januari 2012. LPI menyambut gembira kebijakan pemerintah ini karena satu visi dengan ikhtiar Agen SBOBET membangun liga profesional dan mandiri sesuai ketentuan FIFA dan AFC seperti yang saat ini dilakukan LPI.

Dari berbagai pertimbangan itulah maka LPI tetap menjalankan kompetisinya sesuai rencana. Saat ini LPI semua sedang mengikuti proses berlangsungnya perubahan di tubuh PSSI, termasuk setelah dirangkul oleh PSSI (melalui Komite Normalisasi pada 11 April).

"Kami juga sudah melakukan korespondensi dengan Komite Normalisasi untuk menanggapi permintaan informasi seputar penyelenggaraan LPI. Tapi, keputusan akhirnya 'kan kita semua tetap menunggu lanjutan hasil Kongres PSSI yang akan menetapkan kepengurusan baru PSSI," jelas Juru Bicara LPI Abi Hasantoso.

Selain itu, lanjut Abi, "LPI harus membuka diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang timbul berkaitan dengan kebijakan pemerintah mengenai klub-klub liga profesional yang tidak boleh lagi menggunakan dana APBD mulai tahun 2012." 

No comments:

Post a Comment

Blog Archive